Jumat, 22 September 2017

Gus Dur dalam Cakrawala Seni

A.C. Andre Tanama
gangkecil.com
Karya: A.C. Andre Tanama, Judul: "Dari Kesunyian" 2015, Media: Cat Akrilik pada Kanvas, Ukuran: 90 x 135 cm.

Berbicara ikhwal kerinduan terkadang menggiring saya pada sebuah kenangan. Dalam pengalaman masa lalu yang pernah saya alami, kenangan terhadap peristiwa, rasa kehidupan, perasaan yang meninggalkan jejak, semuanya mendorong kita untuk memunculkannya kembali. Dalam perkataan lain, ada semacam romantisme terhadap suatu peristiwa maupun seseorang, sosok, tokoh yang memberi inspirasi.

Gus Dur sebagai sosok multidimensional dan tokoh yang ‘low profile’ sekaligus, ia pun menjelma menjadi wajah kerinduan. Kerinduan bagi banyak orang, lintas agama dan lintas etnis. Kerinduan di sini memiliki objek kerinduan yang tak tunggal, maka Gus Dur merupakan wajah semua kerinduan (seperti tema pameran seni rupa dalam Muktamar NU ke-33 tahun 2015).

Gus Dur menjadi ikon kerinduan akan perdamaian, kerinduan adanya sosok pemimpin yang penuh toleransi, kerinduan terhadap gojek-gojekannya, kerinduan atas pemikiran dan karya-karyanya, kerinduan dengan ke-nyleneh-annya, dan sebagainya. Semua kerinduan tersebut ada dalam Gus Dur. Wajah Gus Dur di sini saya memaknainya bukanlah sebagai wajah dalam artian visual/ bersifat fisik permukaan semata. Karena wajah di sini lebih pada watak yang mengejawantah. Nyata. Sikap, pemikiran, dan karya Gus Dur yang kita semua tahu bahwa kesemuanya itu hadir, ada secara riil, tulus, dan tak dibuat-buat.

Kerinduan itu akan hadir tatkala ada jarak yang memisahkan. Kerinduan memang biasa terjadi pada saat seperti itu, ketika sesuatu terasa jauh atau sesuatu telah pergi meninggalkan kita. Merujuk seperti yang dituliskan oleh St Sunardi dalam katalog pameran: Gus Dur tampil sebagai sosok yang bisa dijadikan tempat berlindung bagi mereka yang merasa tidak punya apa-apa maupun siapa-siapa, sosok sahabat untuk berdialog, patner untuk melakukan tindakan-tindakan terobosan di Indonesia, dan teman untuk menertawakan diri sendiri.

Dalam penciptaan karya seni rupa, perupa dalam proses kreatifnya mencoba ‘ngrasaaken’ Gus Dur. Proses ini menjadi upaya meleburkan diri dalam pemikiran-pemikiran positif Gus Dur yang tentu saja membawa energi positif dalam berkarya. Dalam proses itulah, perupa menghadapi dunia imaji yang menantang dirinya untuk memproduksi pengetahuan via citra rupa yang estetik. Ketika perupa berhadapan dengan karya, romantisme akan pemikiran-pemikiran, watak yang mengejawantah dari Gus Dur dan intuisi dirinya (seolah sementara waktu) menyekat dirinya dengan realitas. Ia merasa Gus Dur tak pergi. Ia merasa ditemani Gus Dur. Dengan kata lain, karya yang diciptakan menjadi tombo kangen. Pun setelah ia sadar, proses berkarya selesai ia akan ngrasa kangen. Rasa kangen muncul lagi. Dan hal itu tidak mungkin ditinggalkan, karena yang diperlukan hanyalah ngupakara rasa.

Bagaimana rasa kangen itu mampu ditransfer menjadi energi positif untuk dapat berkarya secara kreatif. Bagaimana rasa kangen itu dirawat, dipelihara, untuk mampu mewarisi pemikiran positif Gus Dur dalam mengasihi sesama. Ngrasaaken, ngerasa kangen, dan ngupakara rasa terhadap/ terinspirasi Gus Dur ini lah yang bagi saya memotivasi setiap insan –siapapun, bahkan orang yang belum pernah bertatap muka secara langsung dengan Gus Dur sekalipun– mampu mencerap energi positif Gus Dur.

Yuk Ngrasa’ake, Ojo Ngrasani

Ngrasani diidentikkan dengan kebiasaan membicarakan kejelekan orang lain. Saat ngrasani, ada rasa menggebu-gebu untuk terus menggosipkan subjek yang dibicarakan. Tak ayal distorsi pembicaraanpun dapat terjadi. Kita jadi sering mencari-cari kekurangan orang lain agar dapat ngrasani. Pada akhirnya, ngrasani tersebut menjadi sangat tidak adil karena kita tidak ngrasa’ake (rasa yang dirasakan maupun rasa yang merasakan). Dalam proses berkarya pun demikian. Perupa mesti mampu ngrasa’ake apa yang dialami orang lain, menumbuhkan empati persaudaraan, dan menajamkan kepekaan rasa. Dan setelah itu. Ketika selanjutnya kita bisa ngupakara rasa, maka kepekaan dalam menjalani kehidupan akan terus hidup. Dengan kata lain, kita dihidupkan oleh kepekaan rasa itu, dan kepekaan rasa itulah akan dihidupkan pula dengan cara berbagi. Berbagi rasa melalui karya mungkin adalah salah satunya.

Gus Dur dalam Karya “Dari Kesunyian”

Proses penciptaan karya lukis ini tak tercipta begitu saja. Pergulatan pemikiran dan perenungan terhadap ide-ide yang berlarian kesana-kemari cukup menyita waktu lebih lama ketimbang proses melukisnya. Upaya lain yang perlu saya lakukan jika hal seperti itu terjadi adalah bertukar pikiran, konsultasi, dan ngobrol dengan istri serta kawan-kawan (Cak Udin dan Hadid). Saya tak segan-segan untuk belajar dan menerima masukan serta kritikan terhadap ide-ide yang diobrolkan. Hal ini tak akan mereduksi orisinalitas ide. Selain membicarakan ide, saya perlulah membaca. Lantas saya jadi teringat tulisan karya Nietzsche bagian “Perihal Keutamaan Memberi Karunia” dalam buku “Maka Berbicaralah Zarathustra” (bagian pertama, terjemahan Dami N. Toda, 2000). Bagian pertama itu ditulis di Rapallo (Italia) bulan Februari 1883. Demikian sebagian kutipannya:

Katakan pada aku, Saudara-saudaraku, apakah yang kita pandang sebagai sesuatu yang jelek dan terpaling jelek? Bukankah itu kemerosotan? Tentang kemerosotan selalu kita bicarakan, di mana selalu terdapat alpa semangat memberi karunia.

Ke atas arah jalan kita, melalui Seni menuju kepada Atas-seni. Tetapi sebuah ketakutan ngeri bagi kita ialah nyali yang melorot, yang berkata: “Semua Untuk Aku”.
Konsep memberi inilah kiranya pendasaran moral bagi kita semua terlebih di zaman yang khaos seperti saat ini. Ada etika sosial yang bersifat universal. Gus Dur kiranya berkeyakinan bahwa formulasi itu dapat menjadi pijakan pengambilan keputusan moral yang memandu kita untuk dapat hidup bersama dan saling berdampingan dalam kehidupan.

Melalui karya tersebut saya berupaya belajar dari kesunyian, dan tentu juga belajar sareh. Sareh itu dimaknai sebagai pemikiran dan sikap yang sabar dan tenang. Gus Dur sebagai seorang cendekiawan, pemikir, budayawan, filsuf, seniman jenius, serta sosok pemimpin yang dirindukan lantaran ketenangan dan kesabarannya. Gus Dur… masih hadir.

*) A.C. Andre Tanama, Penulis adalah dosen Seni Rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
https://gangkecil.com/gus-dur-dalam-cakrawala-seni/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

20 Tahun Kebangkitan Sastra-Teater Lamongan A. Anzieb A. Khoirul Anam A. Kirno Tanda A.C. Andre Tanama A.D. Pirous A.S. Laksana Abdillah M Marzuqi Abdul Ajis Abdul Kirno Tanda Abdurrahman Wahid Abu Nisrina Adhi Pandoyo Adib Muttaqin Asfar Adreas Anggit W. Afnan Malay Agama Para Bajingan Agung Kurniawan Agung WHS Agus B. Harianto Agus Dermawan T Agus Hernawan Agus Mulyadi Agus R. Subagyo Agus Sigit Agus Sulton Agus Sunyoto Aguslia Hidayah AH J Khuzaini Akhmad Sekhu Akhmad Taufiq Alim Bakhtiar Alur Alun Tanjidor Amang Rahman Jubair Amien Kamil Amri Yahya Anang Zakaria Andhi Setyo Wibowo Andong Buku Andong Buku #3 Andong Buku 3 Andry Deblenk Anindita S Thayf Antologi Puisi Kalijaring Antologi Sastra Lamongan Anton Adrian Anton Kurnia Anwar Holid Ardhabilly Arie MP Tamba Arie Yani Arief Junianto Arif 'Minke' Setiawan Arti Bumi Intaran Ary B Prass Aryo Wisanggeni G AS Sumbawi Awalludin GD Mualif Ayu Nuzul Ayu Sulistyowati Bambang Bujono Bambang Soebendo Bambang Thelo Bandung Mawardi Baridul Islam Pr Basoeki Abdullah Basuki Ratna K BE Satrio Beni Setia Bentara Budaya Yogyakarta Berita Brunel University London Buku Kritik Sastra Bustan Basir Maras Candrakirana KOSTELA Catatan Cover Buku Dahlan Kong Daniel Paranamesa Dari Lisan ke Lisan Darju Prasetya Debat Panjang Polemik Sains di Facebook Dedy Sufriadi Dedykalee Denny JA Desy Susilawati Di Balik Semak Pitutur Jawa Dian Sukarno Dian Yuliastuti Dien Makmur Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Dipo Handoko Disbudpar Djoko Saryono Djuli Djatiprambudi Doddi Ahmad Fauji Donny Anggoro Donny Darmawan Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Kartika Rahayu Dwi Pranoto Dwi Rejeki Dwin Gideon Edo Adityo Eidi Krina Jason Sembiring Eka Budianta Esai Evan Ys F. Budi Hardiman Faidil Akbar Faizalbnu Fatah Yasin Noor Festival Teater Religi Forum Lingkar Pena Lamongan Forum Penulis dan Penggiat Literasi Lamongan (FP2L) Forum Santri Nasional Franz Kafka Galeri Sonobudoyo Gatot Widodo Goenawan Mohamad Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin Hans Pols Hardjito Haris Saputra Harjiman Harryadjie BS Hendra Sofyan Hendri Yetus Siswono Hendro Wiyanto Heri Kris Herman Syahara Heru Emka Heru Kuntoyo htanzil I Wayan Seriyoga Parta Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi Ida Farida Idris Pasaribu Ignas Kleden Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Indigo Art Space Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Intan Ungaling Dian Isbedy Stiawan Z.S. Iskandar Noe Jajang R Kawentar Jawapos Jejak Laskar Hisbullah Jombang Jiero Cafe Jihan Fauziah Jo Batara Surya Jonathan Ziberg Jual Buku Jual Buku Paket Hemat Jual Buku Paket Hemat 23 Jumartono K.H. Ma'ruf Amin Kabar Kadjie MM Kalis Mardiasih Karikatur Hitam-Putih Karikatur Pensil Warna Kartika Foundation Kemah Budaya Pantura (KBP) Kembulan KetemuBuku Jombang Kitab Puisi Suluk Berahi karya Gampang Prawoto Koktail Komik Komunitas Deo Gratias Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias Komunitas Perupa Lamongan Komunitas Perupa Lamongan (KOSPELA) Komunitas Sastra dan Teater Lamongan (Kostela) Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER) Koskow Koskow (FX. Widyatmoko) KOSTELA Kris Monika E Kyai Sahal Mahfudz L. Ridwan Muljosudarmo Laksmi Shitaresmi Leo Tolstoy Literasa Donuts Lords of the Bow Luhung Sapto Lukas Luwarso Lukisan M Anta Kusuma M. Ilham S M. Yoesoef Mahmud Jauhari Ali Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Maria Magdalena Bhoenomo Mas Dibyo Mashuri Massayu Masuki M Astro Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Memoar Purnama di Kampung Halaman Moch. Faisol Moh. Jauhar al-Hakimi Moses Misdy Muhajir Muhammad Antakusuma Muhammad Muhibbuddin Muhammad Yasir Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur Musdalifah Fachri Ndix Endik Nelson Alwi Nietzsche Noor H. Dee Novel Pekik Nung Bonham Nurel Javissyarqi Nurul Hadi Koclok Nuryana Asmaudi SA Obrolan Octavio Paz Oil on Canvas Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Pagelaran Musim Tandur Pameran Lukisan Pasar Seni Indonesia Pasar Seni Lukis Indonesia PC. Lesbumi NU Babat Pekan Literasi Lamongan Pelukis Pelukis Dahlan Kong Pelukis Harjiman Pelukis Saron Pelukis Sugeng Ariyadi Pelukis Tarmuzie Pendhapa Art Space Penerbit PUstaka puJAngga Penerbit SastraSewu Pesta Malang Sejuta Buku 2014 Proses kreatif Puisi Puisi Menolak Korupsi PuJa Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin Pustaka Ilalang Pustaka Ilalang Group PUstaka puJAngga R Ridwan Hasan Saputra Rabdul Rohim Rahasia Literasi Rakai Lukman Rambuana Raudlotul Immaroh Redland Movie Remy Sylado Rengga AP Resensi Riadi Ngasiran Ribut Wijoto Riki Antoni Robin Al Kautsar Rodli TL Rudi Isbandi Rumah Budaya Pantura (RBP) Rumoh Projects S. Yadi K Sabrank Suparno Saham Sugiono Sanggar Lukis Alam Sanggar Pasir Sanggar Pasir Art and Culture Sapto Hoedojo Sastra Saut Situmorang Sejarah Sekolah Literasi Gratis (SLG) SelaSastra Boenga Ketjil SelaSastra ke #24 Senarai Pemikiran Sutejo Seni Rupa Septi Sutrisna Seraphina Sergi Sutanto Shadiqin Sudirman Shinta Maharani Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siwi Dwi Saputro Sjifa Amori Sketsa Soesilo Toer Sofyan RH. Zaid Sony Prasetyotomo Sosiawan Leak Srihadi Soedarsono Stefanus P. Elu Suci Ayu Latifah Sugeng Ariyadi Suharwedy Sunu Wasono Susiyo Guntur Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Sutrisno SZ Syifa Amori Tammalele Tamrin Bey TanahmeraH ArtSpace TANETE Tarmuzie Taufiq Wr. Hidayat Teguh Setiawan Pinang Temu Penyair Timur Jawa Tengsoe Tjahjono Toko Buku PUstaka puJAngga Lamongan Toto Nugroho Tri Andhi S Tri Moeljo Triyono Tu-ngang Iskandar Tulus Rahadi Tulus S Universitas Indonesia Universitas Jember Vincent van Gogh Vini Mariyane Rosya W.S. Rendra Wachid Duhri Syamroni Wahyudin Warung Boenga Ketjil Wasito Wawancara Wayan Sunarta William Bradley Horton Yona Primadesi Yosep Arizal L Yunisa Zawawi Se Zulfian Hariyadi